Selasa, 02 Agustus 2016

PROGRAM TINDAK LANJUT SUPERVISI AKADEMIK




PROGRAM TINDAK LANJUT
HASIL SUPERVISI AKADEMIK
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SEMESTER I DAN II




















Disusun Oleh:
ROMADI, S.Pd.
( Kepala SDN 01 WRINGINAGUNG )

PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UPT DINDIKBUD DORO
SEKOLAH DASAR NEGERI 01 WRINGINAGUNG
Alamat: Desa WRINGINAGUNG, Doro Pekalongan  KP 51191



KATA PENGANTAR


   Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan bimbingan kepada kami, sehingga telah dapat melaksanakan kegiatan supervisi di SDN 01 WRINGINAGUNG dengan baik. Karena supervisi merupakan bagian dari pengawasan yang harus dilaksanakan oleh Kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai manajer dan supervisor. Perencanaan program supervisi akademik adalah penyusunan dokumen perencanaan pemantauan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
1.      Tujuan yang jelas (hasil yang ingin dicapai)
2.      Rencana yang jelas
3.      Dikerjakan secara terinci dan urutan waktu yang jelas
4.      Tindak lanjut hasil supervisi
Setelah supervise akademik  di SD 01 WRINGINAGUNG telah kami lakukan maka perlu menyusun rencana tindak lanjut hasil supervise akademik. Kegiatan ini akan berhasil apabila mempunyai program. Maka kami menyusun program dengan data tersebut yang berasal dari hasil suprvisi akademik yang telah kami lakukan.
Selanjutnya dalam kesempatan ini, tak lupa disampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga program tindak lanjut  supervisi SDN 01 WRINGINAGUNG Kecamatan Doro Tahun 2014/2015 Semester I telah selesai tersusun, terutama  kepada :
1.      Semua Guru kelas SDN 01 WRINGINAGUNG
2.      Ketua Komite SD Negeri 01 WRINGINAGUNG
3.      Semua warga pegawai, siswa dan guru di SDN 01 WRINGINAGUNG
4.      Dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu
Program tindak lanjut Supervisi ini bukan untuk merancang kegiatan lajutan dari supervisi akademik yang lalu, Kegiatan ini bertujuan untuk membantu guru dan karyawan untuk dapat menjadi guru yang profesional. Mudah-mudahan semua amal baik dari bapak/ibu mendapatkan balasan yang setimpaldari Allah SWT.Amin
                                                                                      WRINGINAGUNG,   Juni 2015
              Kepala Sekolah        



  ROMADI, S.Pd.
  NIP. 19700226 199503 1 001




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar  Belakang
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah menetapkan kebijakan tentang pengkategorian sekolah berdasarkan tingkat keterlaksanaan standar nasional pendidikan ke dalam kategori standar, mandiri dan bertaraf internasional. Penjelasan Pasal 11, Ayat 2 dan Ayat 3 Peraturan Pemerintah tersebut menyebutkan bahwa dengan diberlakukannya Standar Nasional Pendidikan, maka Pemerintah memiliki kepentingan untuk memetakan sekolah/madrasah menjadi sekolah/madrasah yang sudah atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan sekolah/madrasah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah mengkategorikan sekolah/madrasah yang telah memenuhi atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan ke dalam kategori mandiri, dan sekolah/ madrasah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan ke dalam kategori standar.
Penjelasan tersebut memberikan gambaran bahwa kategori sekolah standard dan mandiri didasarkan pada terpenuhinya delapan Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan). Pemerintah telah menetapkan bahwa satuan pendidikan wajib menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut paling lambat 7 (tujuh) tahun sejak diterbitkannya Peraturan Pemerintah tersebut. Hal tersebut berarti bahwa paling lambat pada tahun 2015 semua sekolah jalur pendidikan formal khususnya di SD sudah/hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan yang berarti berada pada kategori sekolah mandiri.
Secara umum tujuan dari program pengawasan adalah: 1) mendorong sekolah untuk dapat menyelenggarakan pendidikan agar mencapai kondisi memenuhi/hampir memenuhi standar nasional pendidikan, 2) memberikan arahan upaya-upaya yang harus dilakukan sekolah untuk dapat memenuhi/hampir memenuhi standar nasional pendidikan, 3) memberikan pendampingan kepada sekolah untuk mewujudkan pengawasan dalam kurun waktu tertentu, 4) menjalin kerjasama dan meningkatkan peran serta stakeholder pendidikan di SD baik ditingkat pusat dan daerah dalam mengembangkan pengawasan, dan 5) mendapatkan model/rujukan pengawasan. Program pengawasan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu identifikasi profil sekolah berdasarkan data yang dijaring melalui inventarisasi kondisi sekolah; penyusunan program kerja oleh sekolah; penilaian, penyempurnaan dan penyepakatan program kerja melalui asistensi dan sinkronisasi program; dan Supervisi hasil pelaksanan program sekolah.
Berkaitan dengan pelaksanaan program supervise sekolah tersebut di atas, perlu adanya tindak lanjut hasil supervise dengan pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah. sehingga keterlaksanaan program sekolah yang telah disusun oleh pihak sekolah dan pencapaian profil sekolah yang sesuai standar nasional pendidikan. Kegiatan Tindak lanjut Supervisi dilakukan sebagai upaya pembinaan untuk memantau keterlaksanaan program kerja dan pencapaian profil sekolah.  
  
B.     Tujuan

Tindak lanjut hasil Supervisi akademik di SDN 01 WRINGINAGUNG dilaksanakan dengan tujuan:
1.         Mengumpulkan informasi yang obyektif, akurat, dan valid mengenai keterlaksanaan program, yang selanjutnya untuk menyusun program tindak lanjut yang berisi::
a.              Penyusunan program tindak lanjut
b.             Pelaksanaan tindak lanjut
c.              Pelaksanaan menilai pelaksanaan tindak lanjut
d.             Pelaporan
        2   Teridentifikasinya tingkat ketercapaian program tindak lanjut
a.       Teridentifikasinya hambatan, kelemahan dan keberhasilan keterlaksanaan program
b.      Tersusunnya program tindak lanjut hasil Supervisi sekolah untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada.

C.  Sasaran
  Sasaran tindak lanjut hasil Supervisi di SDN 01 WRINGINAGUNG adalah Hasil / temuan pada saat pelaksanaan supervise akademik. Hasil guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya. Sasaran tindak lanjut hasil Supervisi yang akan dilakukan pada semua komponen pelaksana program sekolah. Lokasi pembinaan ditetapkan kemudian berdasarkan kesepakatan bersama antara supervisor dan responden sesuai jadwal yang telah direncanakan dilakukan pembinaan.

D. Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari tindak lanjut hasil Supervisi di SDN 01 WRINGINAGUNG adalah:
1.         Tersusunnya data yang obyektif, akurat, dan valid mengenai keterlaksanaan program, yang mencakup:
a.       Penyusunan program tindak lanjut
b.      Pelaksanaan tindak lanjut
c.       Menilai hasil tindak lanjut hasil Supervisi
2.   Teridentifikasinya tingkat ketercapaian program pembelajaran sesuai SNP
3.   Teridentifikasinya hambatan, kelemahan dan keberhasilan keterlaksanaan program
4.      Tersusunnya Program tindak lanjut hasil Supervisi sekolah.

BAB II
PELAKSANAAN DAN HASIL SUPERVISI

A.  Prosedur Supervisi Akademik
Berlangsung dalam suatu SIKLUS dengan 3 tahap utama
1.      Tahap Pertemuan Awal
          Guru diberi angket berisi macam-macam administrasi kelas
          Mengkaji administarasi/ tugas tanggung jawab.
          Kesimpulan pengkajian – kesepakatan tentang waktu
2.      Tahap kunjungan kelas dan Observasi Mengajar
Guru yang sedang mengajar diobservasi oleh supervisor sesuai dengan tindakan perbaikan &  waktu yang disepakati.
3.      Tahap Pertemuan Setelah Observasi
       Memberikan penguatan pendapat/perasaan
       mengulas kembali permasalahan dalam pekerjaan
       mengulas kembali angket yang telah diisi.
       Memberikan pembinaan
       menetapkan tindak lanjut
B.  Pelaksanaan Supervisi Akademik
         Supervisi yang dilaksanakan adalah supervisi kunjungan kelas. Kepala Sekolah sebagai supervisor mengunjungi kelas dan melakukan observasi dan wawancara serta studi dokumen. Supervisor sambil melakukan kunjungan kelas mengisi instrumen yang telah disiapkanDari instrumen yang saat pelaksanaan supervisi merupakan dokumen hasil supervisi tehadapadministrasi guru dan proses pembelajaran. Dari hasil pengisian intrumen tersebut dapat diketahui seberapa tingkat kemampuan guru dalam penyusunan administrasi pembelajaran dan proses pembelajaran.
        
C Hasil Supervisi Akademik
. Supervisi dilakukan melalui kunjungan kelas untuk mengetahui keadaan kelas apakah sesuai dengan hasil pengisian instrumen. Disamping itu kepala sekolah melakukan observasi pelaksanaan KBM. Dari hasil penyebaran instrumen dan observasi kelas dapat dilihat pada tabel-tabel hasil supervisi berikut ini.:
  1. Rekap Hasil Supervisi
  2. Analisis Hasil Supervisi





BAB III
PROGRAM TINDAK LANJUT HASIL SUPERVISI

            Hasil supervisi perlu ditindaklanjuti agar memberikan dampak yang nyata untuk meningkatkan profesionalisme guru. Dampak nyata ini diharapkan dapat dirasakan masyarakat maupun stakeholders. Tindak lanjut tersebut berupa: penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standard dan guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut.
Dalam Tindak lanjut ini akan lampirkan beberapa hal berbentuk tabel yaitu:
A.    Program Tindak lanjut hasil supervisi
B.      Tindak Lanjut hasil Supervisi



























BAB IV
PENUTUP

           Dengan tersusunnya program tindak lanjut hasil supervise di sekolah SDN 02 Wringinagung diharapkan dapat memacu pelaksanaan KBM dengan lebih baik. program tindak lanjut hasil supervise ini selain digunakan sebagai pedoman pelaksanaan mudah-mudahan dapat meningkatkan kinerja para pelaksana pendidikan secara profesional.  Dalam penyusunan program tindak lanjut hasil supervise ini, kami menyadari masih banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi penyempurnaan kerja berikutnya..
            Akhirnya semoga program tindak lanjut hasil supervise ini bermanfaat bagi kita semua terutama dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
Demikianlah program tindak lanjut hasil supervise Tahun pelajaran 2014/2015 ini dibuat, sebagai langkah untuk mencapai Sukses pendidikan dengan tujuan dapat melahirkan peningkatan kualitasnya di SDN 01 WRINGINAGUNG dan sebagai wujud pertanggungjawaban mencerdaskan anak bangsa.  Mohon masukannya buat pembaca yang budiman.



AFGHONI, S.Pd. SD
NIP. 19



12 komentar:

  1. terima kasih dengan adanya contoh program tindak lanjut supervisi say gunakan sebagai referensi

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak pak.... sangat membantu sekali. izin copy ya pak..

    BalasHapus
  3. Meski telah menyusun program RTL, tapi naskah ini memperkaya program KS saya

    BalasHapus
  4. mantap dan terima kasih atas ilmunya. semoga dapat balasan kebaikan yang berlipat ganda

    BalasHapus
  5. terima kasih banyak atas contohnya, semoga menjadi amal sholih. AAmiin.
    Jaakumullohu Khoiron katsiro.

    BalasHapus
  6. Terima kasih ats contoh rtl
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Terima kasih ats contoh rtl
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Terima kasih ats contoh rtl
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. Terimakasih...jazaakumullaah ahsanal jazaa

    BalasHapus