Selasa, 02 Agustus 2016

PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK

PROGRAM KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
SEKOLAH DASAR NEGERI 01 WRINGINAGUNG 
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

A.    PENDAHULUAN
a.       Latar  Belakang
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah menetapkan kebijakan tentang pengkategorian sekolah berdasarkan tingkat keterlaksanaan standar nasional pendidikan ke dalam kategori standar, mandiri dan bertaraf internasional. Penjelasan Pasal 11, Ayat 2 dan Ayat 3 Peraturan Pemerintah tersebut menyebutkan bahwa dengan diberlakukannya Standar Nasional Pendidikan, maka Pemerintah memiliki kepentingan untuk memetakan sekolah/madrasah menjadi sekolah/madrasah yang sudah atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan sekolah/madrasah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah mengkategorikan sekolah/madrasah yang telah memenuhi atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan ke dalam kategori mandiri, dan sekolah/ madrasah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan ke dalam kategori standar.
Penjelasan tersebut memberikan gambaran bahwa kategori sekolah standard dan mandiri didasarkan pada terpenuhinya delapan Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan). Pemerintah telah menetapkan bahwa satuan pendidikan wajib menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut paling lambat 7 (tujuh) tahun sejak diterbitkannya Peraturan Pemerintah tersebut. Hal tersebut berarti bahwa paling lambat pada tahun 2015 semua sekolah jalur pendidikan formal khususnya di SD sudah/hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan yang berarti berada pada kategori sekolah mandiri.
Secara umum tujuan dari program pengawasan adalah: 1) mendorong sekolah untuk dapat menyelenggarakan pendidikan agar mencapai kondisi memenuhi/hampir memenuhi standar nasional pendidikan, 2) memberikan arahan upaya-upaya yang harus dilakukan sekolah untuk dapat memenuhi/hampir memenuhi standar nasional pendidikan, 3) memberikan pendampingan kepada sekolah untuk mewujudkan pengawasan dalam kurun waktu tertentu, 4) menjalin kerjasama dan meningkatkan peran serta stakeholder pendidikan di SD baik ditingkat pusat dan daerah dalam mengembangkan pengawasan, dan 5) mendapatkan model/rujukan pengawasan. Program pengawasan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu identifikasi profil sekolah berdasarkan data yang dijaring melalui inventarisasi kondisi sekolah; penyusunan program kerja oleh sekolah; penilaian, penyempurnaan dan penyepakatan program kerja melalui asistensi dan sinkronisasi program; dan Supervisi hasil pelaksanan program sekolah.
Berkaitan dengan program sekolah tersebut di atas, tindak lanjut pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah melakukan Supervisi keterlaksanaan program sekolah yang telah disusun oleh pihak sekolah dan pencapaian profil sekolah yang sesuai standar nasional pendidikan. Kegiatan Supervisi dilakukan sebagai upaya pembinaan untuk memantau keterlaksanaan program kerja dan pencapaian profil sekolah.  
  
b.   Tujuan

Supervisi di SDN 01 Wringinagung  dilaksanakan dengan tujuan:
a.     Mengumpulkan informasi yang obyektif, akurat, dan valid mengenai keterlaksanaan program, yang mencakup:
a. Penyusunan program pembelajaran
b. Pelaksanaan pembelajaran
c.  Pelaksanaan Supervisi pembelajaran dan,
d. Tindak lanjut hasil pembelajaran
c.        Teridentifikasinya tingkat ketercapaian program pembelajaran sesuai SNP
b.   Teridentifikasinya hambatan, kelemahan dan keberhasilan keterlaksanaan program
c.  Tersusunnya program tindak lanjut hasil Supervisi sekolah untuk menindaklanjuti permasalahan yang ada.

d.   Sasaran

  Sasaran Supervisi di SDN 01 Wringinagung   adalah dimana guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya. Sasaran Supervisi yang akan dilakukan pada semua komponen pelaksana program sekolah. Lokasi Supervisi ditetapkan kemudian berdasarkan kesepakatan bersama antara supervisor dan responden sesuai jadwal yang telah direncanakan.


e.   Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari Supervisi di SDN 01 Wringinagung   adalah:
a.     Adanya informasi yang obyektif, akurat, dan valid mengenai keterlaksanaan program, yang mencakup:
1)    Penyusunan program pembelajaran
2)    Pelaksanaan pembelajaran
3)    Pelaksanaan Supervisi pembelajaran dan,
4)    Tindak lanjut hasil pembelajaran
b.   Teridentifikasinya tingkat ketercapaian program pembelajaran sesuai SNP
c.   Teridentifikasinya hambatan, kelemahan dan keberhasilan keterlaksanaan program
d.   Tersusunnya tindak lanjut hasil Supervisi sekolah.









B.    RENCANA PELAKSANAAN

1.       Pengorganisasian
Kegiatan Supervisi di SDN 01 Wringinagung   pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Kepala Sekolah bersama guru seniaor di sekolah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten atau pengawas SD.

2.   Waktu dan Tempat

Supervisi di SDN 01 Wringinagung  dilaksanakan selama 2 x setahun sesuai jenis kegiatan sesuai dengan jadwal.
Daftar nama Guru dan kegiatan lokasi Supervisi terlampir.

2.   Petugas

a.   Jumlah dan unsur

Jumlah petugas Supervisi yang dilakukan oleh Kepala sekolah sebanyak 1 orang dapat dibantu oleh guru senior.

b.    Tugas dan tanggungjawab
1)       Melakukan temu awal dengan Kepala Sekolah dan staf yang ditunjuk sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dalam surat tugas untuk menjelaskan maksud, tujuan, kegiatan, dan jadwal pelaksanaan Supervisi
2)       Mengumpulkan data dan informasi melalui wawancara, studi dokumen dan studi lapangan yang berkaitan dengan:
§  Keterlaksanaan program sekolah
§  Permasalahan dan pemecahan masalah
§  Identifikasi profil
3)       Mengolah data dan informasi dalam instrumen Supervisi dan format keberhasilan dan permasalahan pelaksanaan program
4)       Menyusun tindak lanjut hasil Supervisi pada format keberhasilan dan permasalahan pelaksanaan program
5)       Pada hari terakhir melakukan pertemuan antara Kepala Sekolah dan staf yang ditunjuk untuk menjelaskan hasil pelaksanaan Supervisi guna mencapai kesepakatan dan kesepahaman
6)       Menyusun laporan hasil Supervisi
7)       Menyerahkan laporan hasil Supervisi kepada pihak-pihak yang membutuhkan laboran tersebut.
3.  Perangkat
  Perangkat Supervisi di SDN 01 Wringinagung  terdiri dari:
1.        Instrumen penilaian penyusunan program pembelajaran
2.        Instrumen Pelaksanaan pembelajaran
3.        Instrumen Pelaksanaan Supervisi pembelajaran,
4.   Responden

  Responden Supervisi adalah sebagai berikut:

a.     Supervisi administrasi program pembelajaran Responden adalah guru.
b.     Supervisi pelaksanaan program pembelajaran Responden adalah guru dan siswa
c.     Supervisi pelaksanaan Supervisi pembelajaran Responden adalah guru dan siswa
d.     Supervisi pelaksanaan tindak lanjut hasil Supervisi pembelajaran Responden adalah guru dan siswa
5.   Strategi Pelaksanaan

a.        Temu awal

Temu awal merupakan kegiatan pertemuan antara Petugas Supervisi / Kepala Sekolah menjelaskan maksud, tujuan, jadwal, responden, dan substansi materi pelaksanaan Supervisi. Kegiatan temu awal diupayakan tidak menggunakan waktu terlalu lama.

b.        Pelaksanaan Supervisi

a.     Pembagian waktu

Agar pelaksanaan Supervisi terlaksana efektif dan efisien serta dapat menjaring informasi yang optimal dan akurat, maka perlu dilakukan pembagian waktu. Pembagian waktu dilakukan berdasarkan responden / guru yang akan disupervisi sesuai dengan instrumen yang tersedia.
b.     Pengumpulan data dan informasi
Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, studi dokumen dan studi lapangan dengan responden.
§   Wawancara
      Wawancara merupakan kegiatan diskusi dan tanya jawab dengan responden berkaitan dengan materi Supervisi. Substansi wawancara mengacu pada instrumen Supervisi.
·           Studi dokumen
      Studi dokumen merupakan pengecekan ketersediaan, kualitas dan kebenaran dokumen, naskah yang terkait dengan substansi Supervisi.
§   Studi lapangan
      Studi lapangan merupakan pengamatan langsung ke obyek Supervisi da Supervisi seperti ruang kelas, aktivitas pembelajaran, dan lain-lain.
Secara teknis, kegiatan wawancara, studi dokumen dan studi lapangan dapat dilakukan secara terintegrasi sesuai dengan materi yang mengacu pada instrumen Supervisi.
c.      Layanan asistensi

Layanan asistensi merupakan kegiatan pemberian pelayanan teknis dan manajerial yang diberikan oleh Kepala Sekolah kepada Guru melalui diskusi interaktif terkait dengan hasil Supervisi. Layanan asistensi dilakukan terintegrasi dengan kegiatan pengumpulan data dan informasi (wawancara, studi dokumen dan studi lapangan). Layanan asistensi dapat diberikan dalam bentuk saran dan masukan, dan perbaikan ringan sepanjang petugas mampu melaksanakannya.

d.     Temu akhir

   Temu akhir dilaksanakan setelah kegiatan pengumpulan data, informasi dan layanan asistensi selesai dilaksanakan. Petugas menyampaikan hasil Supervisi sesuai dengan kondisi yang ada. Jika terjadi perbedaan persepsi antara kepala sekolah dan pihak guru maka disarankan untuk dilakukan pengkajian kembali. kepala sekolah menyerahkan copy hasil Supervisi yang sudah disepakati kepada guru berupa:
§   Hasil Supervisi keterlaksanaan program pembelajaran.
§   Keberhasilan dan permasalahan pelaksanaan program pembelajaran.
5.   Alur Kegiatan

Alur Supervisi akademik sebagai berikut :

Text Box: Temu Awal
Text Box: Pengumpulan
Data dan Informasi
Text Box: Perumusan 
Butir-butir Hasil Supervisi

§ Menjelaskan maksud, tujuan, substansi dan jadwal
 

§ Merumuskan keberhasil an,  permasalahan mengacu pada hasil Supervisi
 

§ Wawancara, studi dokumen dan studi lapangan
§ Mengacu pada perangkat Supervisi Sekaligus pelayanan asistensi
 
Text Box: Pelaporan
Text Box: Temu Akhir
Text Box: Pengisian Instrumen

§ Disusun kepala sekolah d
§ Diserahkan pada Dinas ( pengawas SD)
 

§ Menyampaikan butir-butir hasil Supervisi
§ Meminta tanggapan dan persetujuan pihak guru terhadap butir-butir tersebut
§ Menyerahkan copy hasil Supervisi
 

§ Instrumen administrasi pembelajaran
§ Instrumen kegiatan pembelajaran
§ Mengacu pada rumusan keberhasilan dan permasalahan

 
 





















Bagan 1. Jadwal dan alur kegiatan Supervisi
6.    Pelaporan

1.  Laporan pelaksanaan Supervisi mengacu pada perangkat / instrumen Supervisi yang disediakan
2.  Penyerahan berkas hasil Supervisi kepada guru untuk dapat persetujuan
3.  kepala Sekolah menyampaikan laporan rangkuman hasil Supervisi kepada Pengawas SD.
7.    Pembiayaan
Supervisi yang dilakukan Keapala Sekolah dibiayai oleh sekolah. Ketentuan mengenai pembiayaan kegiatan ini disesuaikan dengan anggaran yang direncanakan ( RAPBS ).
8.     Lampiran-lampiran:
Lampiran : 1

PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK

SDN 01 WRINGINAGUNG  TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SEMESTER I

No
Program
Jenis Kegiatan
Sasaran
Waktu Pelaksanaan (Bulan)
Keterangan

7
8
9
10
11
12

1.
Perencanaan
Penyusunan Program
Program Supervisi










Pembuatan Instrumen
Instruemen Supervisi








2
Pelaksanaan
Observasi kelas
Semua Guru










Supervisi Adm. KBM
Semua Guru










Supervisi KBM
Semua Guru








3
Tindak Lanjut
Hasil Supervisi Adm
Data hasil  Supervisi Adm










Hasil Supervisi Kelas&KBM
Data hasil  Supervisi Adm










Perencanaan
Program Tindak lanjut










Pelaksanaan
Pelaksanaan Pembinaan










Pelaporan
Laporan










Dokumentasi
Arsip











PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK
SDN 01 WRINGINAGUNG  TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SEMESTER II
No
Program
Jenis Kegiatan
Sasaran
Waktu Pelaksanaan (Bulan)
Ketera
ngan
1
2
3
4
5
6
1.
Perencanaan
Penyusunan Program
Program Supervisi









Pembuatan Instrumen
Instruemen Supervisi







2
Pelaksanaan
Observasi kelas
Semua Guru









Supervisi Adm. KBM
Semua Guru









Supervisi KBM
Semua Guru







3
Tindak Lanjut
Hasil Supervisi Adm
Data hasil  Supervisi Adm









Hasil Supervisi Kelas&KBM
Data hasil  Supervisi Adm









Perencanaan
Program Tindak lanjut









Pelaksanaan
Pelaksanaan Pembinaan









Pelaporan
Laporan









Dokumentasi
Arsip








Wringinagung  , 21 Juli 2014
Kepala Sekolah



ROMADI, S.Pd
NIP. 19700226 199503 1 001




Lampiran: 2
JADWAL KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
SDN 01 WRINGINAGUNG  TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SEMESTER I
No
Nama Guru
Pelaksanaan Supervisi
Keterangan
Adm Pembelajaran
Supervisi KBM
1
Fathoni, A.Ma.Pd
01 September 2014
14 September 2015
Guru Kelas
III
2
Roisah, S.Pd
02 September 2014
15 September 2015
Guru Kelas
II
3
Dwi Setyo Rahayu, S.Pd
03 September 2014
16 September 2015
Guru Kelas
V
4
Setyaningsih, S.Pd
04 September 2014
17 September 2015
Guru Kelas
IV
5
Sri Wahyuningsih, S.Pd.SD
07 September 2014
18 September 2015
Guru Kelas
I
6
Fitriyah, A.Ma.Pd
08 September 2014
21 September 2015
Guru Kelas
VI
7
Rahmi,S.Pd.I
09 September 2014
22 September 2015
Guru Mapel
PAI
8
9










JADWAL KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
SDN 01 WRINGINAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SEMESTER II
No
Nama Guru
Pelaksanaan Supervisi
Keterangan
Adm Pembelajaran
Supervisi KBM
1
Fathoni, A.Ma.Pd
2 Pebruari 2015
15 Pebruari 2015
Guru Kelas
III
2
Roisah, S.Pd
2 Pebruari 2015
16 Pebruari 2015
Guru Kelas
II
3
Dwi Setyo Rahayu, S.Pd
3 Pebruari 2015
17 Pebruari 2015
Guru Kelas
V
4
Setyaningsih, S.Pd
4 Pebruari 2015
22 Pebruari 2015
Guru Kelas
IV
5
Sri Wahyuningsih, S.Pd.SD
5 Pebruari 2015
23 Pebruari 2015
Guru Kelas
I
6
Fitriyah, A.Ma.Pd
8 Pebruari 2015
24 Pebruari 2015
Guru Kelas
VI
7
Rahmi, S.Pd.I
9 Pebruari 2015
25 Pebruari 2015
Guru Mapel
PAI




















Wringinagung  , 21 Juli 2014
Kepala Sekolah



ROMADI, S.Pd
NIP. 19700226 199503 1 001


Lampiran: 3
INSTRUMEN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
Nama Guru
:
Kelas
:
Semester
:
Mata Pelajaran
:
Tanggal Supervisi
:
No
Kompetensi
Indikator
Nilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Penyusunan RPP
1
Mampu mendeskripsikan kompetensi/tujuan pembelajaran


2
Mampu memilih/menentukan materi


3
Mampu mengorganisir materi


4
Mampu menentukan strategi/metode pembelajaran


5
Mampu menentukan sumber belajar dan media pembelajaran


6
Mampu menyusun perangkat penilaian


7
Mampu menentukan teknik penilaian


8
Mampu mengalokasikan waktu



Jumlah
2.
Pelaksanaan Pembelajaran
1
Mampu membuka pempelajaran (set induction)


2
Mampu mengorganisasi materi pembelajaran


3
Mampu menggunakan metode


4
Mampu memanfaatkan media/alat peraga


5
Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif


6
Mampu memotivasi peserta didik


7
Mampu mengorganisasikan kegiatan


8
Mampu beriteraksi secara komunikatif dengan peserta didik


9
Mampu membimbing peserta didik membuat kesimpulan


10
Mampu memberikan umpan balik


11
Mampu melaksanakan penilaian


12
Mampu mengelola waktu



Jumlah
3.
Evaluasi
1
Mampu menentukan soal berdasarkan tingkat kesukaran


2
Mampu memilih soal berdasarkan tingkat pembeda


3
Mampu menindak lanjuti soal yang tidak valid


4
Mampu memeriksa jawaban


5
Mampu mengklasifikasikan hasil penilaian


6
Mampu mengolah hasil penilaian


7
Mampu menganalisis hasil penilaian


8
Mampu membuat interpretasi kecenderungan hasil  penilaian


9
Mampu menentukan korelasi antara soal berdasarkan hasil penilaian


10
Mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian


11
Mampu menyimpulkan hasil penilaian secara jelas dan logis



Jumlah
4.
Tindak Lanjut Pembelajaran
1
Mampu mengkondisikan peserta didik belajar secara mandiri


2
Mampu melakukan kesepakatan materi berikutnya



Jumlah
Mengetahui:
 WRINGINAGUNG, 
Kepala Sekolah
Supervisor/ Guru Senior
ROMADI, S.Pd
………………………………
NIP. 19700226 199503 1 001
NIP. ………………………….


Lampiran: 4
REKAP HASIL SUPERVISI AKADEMIK
SDN 01 WRINGINAGUNG  KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No
Kompetensi
Indikator
Rekap Nilai Setiap Guru
Rata-rata
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1
Mampu mendeskripsikan kompetensi/tujuan pembelajaran


2
Mampu memilih/menentukan materi


3
Mampu mengorganisir materi



4
Mampu menentukan strategi/metode pembelajaran



5
Mampu menentukan sumber belajar dan media pembelajaran



6
Mampu menyusun perangkat penilaian



7
Mampu menentukan teknik penilaian



8
Mampu mengalokasikan waktu




Jumlah

2.
Pelaksanaan Pembelajaran
1
Mampu membuka pempelajaran (set induction)


2
Mampu mengorganisasi materi pembelajaran



3
Mampu menggunakan metode



4
Mampu memanfaatkan media/alat peraga



5
Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif



6
Mampu memotivasi peserta didik



7
Mampu mengorganisasikan kegiatan



8
Mampu beriteraksi secara komunikatif dengan peserta didik



9
Mampu membimbing peserta didik membuat kesimpulan



10
Mampu memberikan umpan balik



11
Mampu melaksanakan penilaian



12
Mampu mengelola waktu




Jumlah

3.
Penilaian Prestasi Belajar Peserta didik
1
Mampu menentukan soal berdasarkan tingkat kesukaran


2
Mampu memilih soal berdasarkan tingkat pembeda



3
Mampu menindak lanjuti soal yang tidak valid



4
Mampu memeriksa jawaban



5
Mampu mengklasifikasikan hasil penilaian



6
Mampu mengolah hasil penilaian



7
Mampu menganalisis hasil penilaian



8
Mampu membuat interpretasi kecenderungan hasil  penilaian



9
Mampu menentukan korelasi antara soal berdasarkan hasil penilaian



10
Mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian



11
Mampu menyimpulkan hasil penilaian secara jelas dan logis




Jumlah

4.
Pelaksanaan Tindak Lanjut Pembelajaran
1
Mampu mengkondisikan peserta didik belajar secara mandiri


2
Mampu melakukan kesepakatan materi berikutnya




Jumlah




Jumlah Skor Keseluruhan




Nilai Perolehan

Keterangan:
WRINGINAGUNG  , ..................
Nomor
Nama Guru
Nilai Perolehan=
Kepala Sekolah
1
Jumlah Skor keseluruhan/ skor maksimal x 100=
2
3
4
5
ROMADI, S.Pd
6
NIP. 19700226 199503 1 001
7
8
9

10








Lampiran: 5

TABEL INTERPRETASI DATA HASIL SUPERVISI AKADEMIK DAN REKOMENDASI
SDN 01 WRINGINAGUNG  KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No
Kompetensi
Indikator
Nilai Rata-rata
Sebutan
Rekomendasi/ Tindak Lanjut
Keterangan
1.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1
Mampu mendeskripsikan kompetensi/tujuan pembelajaran


2
Mampu memilih/menentukan materi


3
Mampu mengorganisir materi



4
Mampu menentukan strategi/metode pembelajaran



5
Mampu menentukan sumber belajar dan media pembelajaran



6
Mampu menyusun perangkat penilaian



7
Mampu menentukan teknik penilaian



8
Mampu mengalokasikan waktu




Jumlah

2.
Pelaksanaan Pembelajaran
1
Mampu membuka pempelajaran (set induction)


2
Mampu mengorganisasi materi pembelajaran



3
Mampu menggunakan metode



4
Mampu memanfaatkan media/alat peraga



5
Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif



6
Mampu memotivasi peserta didik



7
Mampu mengorganisasikan kegiatan



8
Mampu beriteraksi secara komunikatif dengan peserta didik



9
Mampu membimbing peserta didik membuat kesimpulan



10
Mampu memberikan umpan balik



11
Mampu melaksanakan penilaian



12
Mampu mengelola waktu




Jumlah

3.
Penilaian Prestasi Belajar Peserta didik
1
Mampu menentukan soal berdasarkan tingkat kesukaran


2
Mampu memilih soal berdasarkan tingkat pembeda



3
Mampu menindak lanjuti soal yang tidak valid



4
Mampu memeriksa jawaban



5
Mampu mengklasifikasikan hasil penilaian



6
Mampu mengolah hasil penilaian



7
Mampu menganalisis hasil penilaian



8
Mampu membuat interpretasi kecenderungan hasil  penilaian



9
Mampu menentukan korelasi antara soal berdasarkan hasil penilaian



10
Mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian



11
Mampu menyimpulkan hasil penilaian secara jelas dan logis




Jumlah

4.
Pelaksanaan Tindak Lanjut Pembelajaran
1
Mampu mengkondisikan peserta didik belajar secara mandiri


2
Mampu melakukan kesepakatan materi berikutnya




Jumlah




Jumlah Nilai Keseluruhan




Skor Perolehan



WRINGINAGUNG  , ..................
Kepala Sekolah



ROMADI, S.Pd
NIP. 19700226 199503 1 001



Kepala Sekolah



ROMADI, S.Pd
NIP. Wringinagung



Tidak ada komentar:

Posting Komentar