PROGRAM KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
SEKOLAH
DASAR
NEGERI 01 WRINGINAGUNG
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
A.
PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan telah menetapkan kebijakan tentang pengkategorian
sekolah berdasarkan tingkat keterlaksanaan standar nasional pendidikan ke dalam
kategori standar, mandiri dan bertaraf internasional. Penjelasan Pasal 11, Ayat 2 dan Ayat 3 Peraturan Pemerintah tersebut
menyebutkan bahwa dengan diberlakukannya Standar Nasional Pendidikan, maka
Pemerintah memiliki kepentingan untuk memetakan sekolah/madrasah menjadi
sekolah/madrasah yang sudah atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan
dan sekolah/madrasah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Terkait
dengan hal tersebut, Pemerintah mengkategorikan sekolah/madrasah yang telah
memenuhi atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan ke dalam kategori
mandiri, dan sekolah/ madrasah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan
ke dalam kategori standar.
Penjelasan tersebut
memberikan gambaran bahwa kategori sekolah standard dan mandiri didasarkan pada
terpenuhinya delapan Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses,
standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana
dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian
pendidikan). Pemerintah telah menetapkan bahwa satuan pendidikan wajib menyesuaikan diri dengan
ketentuan tersebut paling lambat 7 (tujuh) tahun sejak diterbitkannya Peraturan
Pemerintah tersebut. Hal tersebut berarti bahwa paling lambat pada tahun 2015
semua sekolah jalur pendidikan formal khususnya di SD sudah/hampir memenuhi
Standar Nasional Pendidikan yang berarti berada pada kategori sekolah mandiri.
Secara umum tujuan dari
program pengawasan adalah: 1) mendorong sekolah untuk dapat
menyelenggarakan pendidikan agar mencapai kondisi memenuhi/hampir memenuhi
standar nasional pendidikan, 2) memberikan arahan upaya-upaya yang
harus dilakukan sekolah untuk dapat memenuhi/hampir memenuhi standar nasional
pendidikan, 3) memberikan pendampingan kepada sekolah untuk mewujudkan pengawasan dalam kurun waktu tertentu, 4)
menjalin kerjasama dan meningkatkan peran serta stakeholder pendidikan di SD
baik ditingkat pusat dan daerah dalam mengembangkan pengawasan, dan 5) mendapatkan model/rujukan pengawasan. Program pengawasan terdiri dari
beberapa kegiatan yaitu identifikasi profil sekolah berdasarkan data yang
dijaring melalui inventarisasi kondisi sekolah;
penyusunan program kerja oleh sekolah; penilaian, penyempurnaan dan
penyepakatan program kerja melalui asistensi dan sinkronisasi program; dan Supervisi
hasil pelaksanan program sekolah.
Berkaitan
dengan program sekolah tersebut di atas, tindak lanjut pembinaan yang dilakukan
oleh kepala sekolah adalah melakukan Supervisi keterlaksanaan program sekolah yang
telah disusun oleh pihak sekolah dan pencapaian profil sekolah yang sesuai
standar nasional pendidikan. Kegiatan Supervisi dilakukan sebagai upaya
pembinaan untuk memantau keterlaksanaan program kerja dan pencapaian profil sekolah.
b. Tujuan
Supervisi di SDN 01 Wringinagung dilaksanakan dengan tujuan:
a.
Mengumpulkan informasi yang
obyektif, akurat, dan valid mengenai keterlaksanaan program, yang mencakup:
a.
Penyusunan program pembelajaran
b.
Pelaksanaan pembelajaran
c.
Pelaksanaan Supervisi
pembelajaran dan,
d.
Tindak lanjut hasil pembelajaran
c.
Teridentifikasinya tingkat ketercapaian program pembelajaran sesuai SNP
b.
Teridentifikasinya hambatan, kelemahan dan keberhasilan
keterlaksanaan program
c.
Tersusunnya program tindak lanjut
hasil Supervisi sekolah untuk
menindaklanjuti permasalahan yang ada.
d.
Sasaran
Sasaran Supervisi di SDN
01 Wringinagung adalah dimana guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya. Sasaran Supervisi
yang akan dilakukan pada semua komponen pelaksana program sekolah. Lokasi Supervisi ditetapkan kemudian berdasarkan
kesepakatan bersama antara supervisor dan responden sesuai jadwal yang telah
direncanakan.
e. Hasil yang Diharapkan
Hasil yang
diharapkan dari Supervisi di SDN 01 Wringinagung adalah:
a.
Adanya informasi yang obyektif, akurat, dan valid mengenai keterlaksanaan program,
yang mencakup:
1)
Penyusunan program pembelajaran
2)
Pelaksanaan pembelajaran
3)
Pelaksanaan Supervisi
pembelajaran dan,
4)
Tindak lanjut hasil pembelajaran
b.
Teridentifikasinya tingkat ketercapaian program pembelajaran sesuai SNP
c.
Teridentifikasinya hambatan, kelemahan dan keberhasilan
keterlaksanaan program
d.
Tersusunnya tindak lanjut hasil Supervisi sekolah.
B. RENCANA PELAKSANAAN
1.
Pengorganisasian
Kegiatan Supervisi di SDN 01 Wringinagung pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Kepala
Sekolah bersama guru
seniaor di sekolah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten atau pengawas SD.
2. Waktu dan Tempat
Supervisi
di SDN 01 Wringinagung dilaksanakan
selama 2 x setahun
sesuai jenis kegiatan sesuai dengan jadwal.
Daftar nama Guru dan kegiatan lokasi Supervisi terlampir.
2.
Petugas
a. Jumlah
dan unsur
Jumlah
petugas Supervisi yang dilakukan oleh Kepala sekolah sebanyak 1 orang dapat dibantu oleh guru senior.
b.
Tugas dan tanggungjawab
1)
Melakukan temu awal dengan Kepala Sekolah dan staf yang
ditunjuk sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dalam surat tugas untuk
menjelaskan maksud, tujuan, kegiatan, dan jadwal pelaksanaan Supervisi
2)
Mengumpulkan data dan informasi melalui wawancara, studi
dokumen dan studi lapangan yang berkaitan dengan:
§ Keterlaksanaan program sekolah
§ Permasalahan dan pemecahan masalah
§ Identifikasi profil
3)
Mengolah data dan informasi dalam instrumen Supervisi dan
format keberhasilan dan permasalahan pelaksanaan program
4)
Menyusun tindak lanjut hasil Supervisi pada format keberhasilan
dan permasalahan pelaksanaan program
5)
Pada hari terakhir melakukan pertemuan antara Kepala
Sekolah dan staf yang ditunjuk untuk menjelaskan hasil pelaksanaan Supervisi
guna mencapai kesepakatan dan kesepahaman
6)
Menyusun laporan hasil Supervisi
7)
Menyerahkan laporan hasil Supervisi kepada pihak-pihak
yang membutuhkan laboran tersebut.
3. Perangkat
Perangkat Supervisi di SDN 01 Wringinagung
terdiri dari:
1.
Instrumen penilaian penyusunan program pembelajaran
2.
Instrumen Pelaksanaan pembelajaran
3.
Instrumen Pelaksanaan Supervisi pembelajaran,
4. Responden
Responden Supervisi adalah sebagai berikut:
a.
Supervisi administrasi program pembelajaran Responden adalah guru.
b.
Supervisi pelaksanaan program pembelajaran Responden adalah guru dan siswa
c.
Supervisi pelaksanaan Supervisi pembelajaran Responden adalah guru dan
siswa
d.
Supervisi pelaksanaan tindak lanjut hasil Supervisi pembelajaran Responden adalah guru dan siswa
5. Strategi
Pelaksanaan
a.
Temu awal
Temu awal merupakan kegiatan pertemuan antara Petugas Supervisi / Kepala Sekolah menjelaskan maksud, tujuan, jadwal, responden, dan
substansi materi pelaksanaan Supervisi. Kegiatan temu awal diupayakan tidak
menggunakan waktu terlalu lama.
b.
Pelaksanaan Supervisi
a.
Pembagian waktu
Agar pelaksanaan Supervisi
terlaksana efektif dan efisien serta dapat menjaring informasi yang optimal dan
akurat, maka perlu dilakukan pembagian waktu. Pembagian waktu dilakukan berdasarkan responden / guru yang akan
disupervisi sesuai dengan instrumen yang tersedia.
b.
Pengumpulan data dan informasi
Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui
wawancara, studi dokumen dan studi lapangan dengan responden.
§
Wawancara
Wawancara merupakan kegiatan
diskusi dan tanya jawab dengan responden berkaitan dengan materi Supervisi.
Substansi wawancara mengacu pada instrumen Supervisi.
·
Studi dokumen
Studi dokumen merupakan
pengecekan ketersediaan, kualitas dan kebenaran dokumen, naskah yang terkait
dengan substansi Supervisi.
§
Studi lapangan
Studi lapangan merupakan
pengamatan langsung ke obyek Supervisi da Supervisi seperti ruang kelas, aktivitas pembelajaran, dan lain-lain.
Secara teknis, kegiatan wawancara, studi dokumen dan
studi lapangan dapat dilakukan secara terintegrasi sesuai dengan materi yang
mengacu pada instrumen Supervisi.
c.
Layanan asistensi
Layanan asistensi
merupakan kegiatan pemberian pelayanan teknis dan manajerial yang diberikan
oleh Kepala Sekolah kepada Guru melalui diskusi interaktif terkait dengan hasil Supervisi.
Layanan asistensi dilakukan terintegrasi dengan kegiatan pengumpulan data dan
informasi (wawancara, studi dokumen dan studi lapangan). Layanan asistensi dapat
diberikan dalam bentuk saran dan masukan, dan perbaikan ringan sepanjang
petugas mampu melaksanakannya.
d.
Temu akhir
Temu akhir dilaksanakan setelah kegiatan pengumpulan data, informasi dan layanan
asistensi selesai dilaksanakan. Petugas menyampaikan hasil Supervisi sesuai
dengan kondisi yang ada. Jika terjadi perbedaan persepsi antara kepala sekolah dan pihak guru maka disarankan untuk dilakukan pengkajian kembali. kepala sekolah menyerahkan copy hasil Supervisi yang sudah disepakati kepada guru berupa:
§
Hasil Supervisi keterlaksanaan program pembelajaran.
§
Keberhasilan dan permasalahan pelaksanaan program pembelajaran.
5. Alur Kegiatan
Alur Supervisi akademik sebagai berikut :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Bagan 1. Jadwal dan alur
kegiatan Supervisi
6. Pelaporan
1. Laporan pelaksanaan Supervisi mengacu pada
perangkat / instrumen Supervisi
yang disediakan
2. Penyerahan berkas hasil Supervisi kepada guru untuk dapat persetujuan
3. kepala Sekolah
menyampaikan laporan rangkuman hasil Supervisi kepada Pengawas SD.
7. Pembiayaan
Supervisi yang dilakukan Keapala Sekolah
dibiayai oleh sekolah. Ketentuan mengenai
pembiayaan kegiatan ini disesuaikan dengan anggaran yang direncanakan (
RAPBS ).
8. Lampiran-lampiran:
Lampiran : 1
PROGRAM
SUPERVISI AKADEMIK
|
||||||||||||
SDN 01 WRINGINAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
||||||||||||
SEMESTER I
|
||||||||||||
No
|
Program
|
Jenis Kegiatan
|
Sasaran
|
Waktu Pelaksanaan (Bulan)
|
Keterangan
|
|||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|||||||
1.
|
Perencanaan
|
Penyusunan Program
|
Program Supervisi
|
|||||||||
Pembuatan Instrumen
|
Instruemen Supervisi
|
|||||||||||
2
|
Pelaksanaan
|
Observasi kelas
|
Semua Guru
|
|||||||||
Supervisi Adm. KBM
|
Semua Guru
|
|||||||||||
Supervisi KBM
|
Semua Guru
|
|||||||||||
3
|
Tindak Lanjut
|
Hasil Supervisi Adm
|
Data hasil
Supervisi Adm
|
|||||||||
Hasil Supervisi Kelas&KBM
|
Data hasil
Supervisi Adm
|
|||||||||||
Perencanaan
|
Program Tindak lanjut
|
|||||||||||
Pelaksanaan
|
Pelaksanaan Pembinaan
|
|||||||||||
Pelaporan
|
Laporan
|
|||||||||||
Dokumentasi
|
Arsip
|
|||||||||||
PROGRAM
SUPERVISI AKADEMIK
|
|||||||||||
SDN 01 WRINGINAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
|||||||||||
SEMESTER II
|
|||||||||||
No
|
Program
|
Jenis Kegiatan
|
Sasaran
|
Waktu Pelaksanaan (Bulan)
|
Ketera
ngan
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||
1.
|
Perencanaan
|
Penyusunan Program
|
Program Supervisi
|
||||||||
Pembuatan Instrumen
|
Instruemen Supervisi
|
||||||||||
2
|
Pelaksanaan
|
Observasi kelas
|
Semua Guru
|
||||||||
Supervisi Adm. KBM
|
Semua Guru
|
||||||||||
Supervisi KBM
|
Semua Guru
|
||||||||||
3
|
Tindak Lanjut
|
Hasil Supervisi Adm
|
Data hasil
Supervisi Adm
|
||||||||
Hasil Supervisi Kelas&KBM
|
Data hasil
Supervisi Adm
|
||||||||||
Perencanaan
|
Program Tindak lanjut
|
||||||||||
Pelaksanaan
|
Pelaksanaan Pembinaan
|
||||||||||
Pelaporan
|
Laporan
|
||||||||||
Dokumentasi
|
Arsip
|
Wringinagung
, 21 Juli 2014
Kepala Sekolah
ROMADI, S.Pd
NIP. 19700226 199503 1 001
Lampiran: 2
JADWAL KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
|
|||||
SDN 01 WRINGINAGUNG
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
|||||
SEMESTER I
|
|||||
No
|
Nama Guru
|
Pelaksanaan Supervisi
|
Keterangan
|
||
Adm Pembelajaran
|
Supervisi KBM
|
||||
1
|
Fathoni, A.Ma.Pd
|
01 September 2014
|
14 September 2015
|
Guru Kelas
|
III
|
2
|
Roisah, S.Pd
|
02 September 2014
|
15 September 2015
|
Guru Kelas
|
II
|
3
|
Dwi Setyo Rahayu, S.Pd
|
03 September 2014
|
16 September 2015
|
Guru Kelas
|
V
|
4
|
Setyaningsih, S.Pd
|
04 September 2014
|
17 September 2015
|
Guru Kelas
|
IV
|
5
|
Sri Wahyuningsih, S.Pd.SD
|
07 September 2014
|
18 September 2015
|
Guru Kelas
|
I
|
6
|
Fitriyah, A.Ma.Pd
|
08 September 2014
|
21 September 2015
|
Guru Kelas
|
VI
|
7
|
Rahmi,S.Pd.I
|
09 September 2014
|
22 September 2015
|
Guru Mapel
|
PAI
|
8
|
|||||
9
|
|||||
JADWAL KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
|
|||||
SDN 01 WRINGINAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
|||||
SEMESTER II
|
|||||
No
|
Nama Guru
|
Pelaksanaan Supervisi
|
Keterangan
|
||
Adm Pembelajaran
|
Supervisi KBM
|
||||
1
|
Fathoni, A.Ma.Pd
|
2
Pebruari 2015
|
15
Pebruari 2015
|
Guru Kelas
|
III
|
2
|
Roisah, S.Pd
|
2
Pebruari 2015
|
16
Pebruari 2015
|
Guru Kelas
|
II
|
3
|
Dwi Setyo Rahayu, S.Pd
|
3
Pebruari 2015
|
17
Pebruari 2015
|
Guru Kelas
|
V
|
4
|
Setyaningsih, S.Pd
|
4
Pebruari 2015
|
22
Pebruari 2015
|
Guru Kelas
|
IV
|
5
|
Sri Wahyuningsih, S.Pd.SD
|
5
Pebruari 2015
|
23
Pebruari 2015
|
Guru Kelas
|
I
|
6
|
Fitriyah, A.Ma.Pd
|
8
Pebruari 2015
|
24
Pebruari 2015
|
Guru Kelas
|
VI
|
7
|
Rahmi, S.Pd.I
|
9
Pebruari 2015
|
25
Pebruari 2015
|
Guru Mapel
|
PAI
|
Wringinagung
, 21 Juli 2014
Kepala Sekolah
ROMADI, S.Pd
NIP. 19700226 199503 1 001
Lampiran: 3
INSTRUMEN
SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
|
||||||||
Nama
Guru
|
:
|
|||||||
Kelas
|
:
|
|||||||
Semester
|
:
|
|||||||
Mata
Pelajaran
|
:
|
|||||||
Tanggal
Supervisi
|
:
|
|||||||
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Nilai
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
|
Penyusunan RPP
|
1
|
Mampu mendeskripsikan kompetensi/tujuan
pembelajaran
|
|||||
2
|
Mampu memilih/menentukan materi
|
|||||||
3
|
Mampu mengorganisir materi
|
|||||||
4
|
Mampu menentukan strategi/metode pembelajaran
|
|||||||
5
|
Mampu menentukan sumber belajar dan media
pembelajaran
|
|||||||
6
|
Mampu menyusun perangkat penilaian
|
|||||||
7
|
Mampu menentukan teknik penilaian
|
|||||||
8
|
Mampu mengalokasikan waktu
|
|||||||
Jumlah
|
||||||||
2.
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
1
|
Mampu membuka pempelajaran (set induction)
|
|||||
2
|
Mampu mengorganisasi materi pembelajaran
|
|||||||
3
|
Mampu menggunakan metode
|
|||||||
4
|
Mampu memanfaatkan media/alat peraga
|
|||||||
5
|
Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif
|
|||||||
6
|
Mampu memotivasi peserta didik
|
|||||||
7
|
Mampu mengorganisasikan kegiatan
|
|||||||
8
|
Mampu beriteraksi secara komunikatif dengan
peserta didik
|
|||||||
9
|
Mampu membimbing peserta didik membuat kesimpulan
|
|||||||
10
|
Mampu memberikan umpan balik
|
|||||||
11
|
Mampu melaksanakan penilaian
|
|||||||
12
|
Mampu mengelola waktu
|
|||||||
Jumlah
|
||||||||
3.
|
Evaluasi
|
1
|
Mampu menentukan soal berdasarkan tingkat
kesukaran
|
|||||
2
|
Mampu memilih soal berdasarkan tingkat pembeda
|
|||||||
3
|
Mampu menindak lanjuti soal yang tidak valid
|
|||||||
4
|
Mampu memeriksa jawaban
|
|||||||
5
|
Mampu mengklasifikasikan hasil penilaian
|
|||||||
6
|
Mampu mengolah hasil penilaian
|
|||||||
7
|
Mampu menganalisis hasil penilaian
|
|||||||
8
|
Mampu membuat interpretasi kecenderungan
hasil penilaian
|
|||||||
9
|
Mampu menentukan korelasi antara soal berdasarkan
hasil penilaian
|
|||||||
10
|
Mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil
penilaian
|
|||||||
11
|
Mampu menyimpulkan hasil penilaian secara jelas
dan logis
|
|||||||
Jumlah
|
||||||||
4.
|
Tindak Lanjut Pembelajaran
|
1
|
Mampu mengkondisikan peserta didik belajar secara
mandiri
|
|||||
2
|
Mampu melakukan kesepakatan materi berikutnya
|
|||||||
Jumlah
|
||||||||
Mengetahui:
|
WRINGINAGUNG,
|
|||||||
Kepala Sekolah
|
Supervisor/ Guru Senior
|
|||||||
ROMADI, S.Pd
|
………………………………
|
|||||||
NIP. 19700226 199503 1 001
|
NIP. ………………………….
|
Lampiran: 4
REKAP
HASIL SUPERVISI AKADEMIK
|
||||||||||||||
SDN 01 WRINGINAGUNG KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN
|
||||||||||||||
SEMESTER
I TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
||||||||||||||
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Rekap Nilai Setiap Guru
|
Rata-rata
|
Keterangan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
||||||
1.
|
Penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
1
|
Mampu
mendeskripsikan kompetensi/tujuan pembelajaran
|
|||||||||||
2
|
Mampu
memilih/menentukan materi
|
|||||||||||||
3
|
Mampu
mengorganisir materi
|
|||||||||||||
4
|
Mampu
menentukan strategi/metode pembelajaran
|
|||||||||||||
5
|
Mampu
menentukan sumber belajar dan media pembelajaran
|
|||||||||||||
6
|
Mampu
menyusun perangkat penilaian
|
|||||||||||||
7
|
Mampu
menentukan teknik penilaian
|
|||||||||||||
8
|
Mampu
mengalokasikan waktu
|
|||||||||||||
Jumlah
|
||||||||||||||
2.
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
1
|
Mampu
membuka pempelajaran (set induction)
|
|||||||||||
2
|
Mampu
mengorganisasi materi pembelajaran
|
|||||||||||||
3
|
Mampu
menggunakan metode
|
|||||||||||||
4
|
Mampu
memanfaatkan media/alat peraga
|
|||||||||||||
5
|
Mampu
menggunakan bahasa yang komunikatif
|
|||||||||||||
6
|
Mampu
memotivasi peserta didik
|
|||||||||||||
7
|
Mampu
mengorganisasikan kegiatan
|
|||||||||||||
8
|
Mampu
beriteraksi secara komunikatif dengan peserta didik
|
|||||||||||||
9
|
Mampu
membimbing peserta didik membuat kesimpulan
|
|||||||||||||
10
|
Mampu
memberikan umpan balik
|
|||||||||||||
11
|
Mampu
melaksanakan penilaian
|
|||||||||||||
12
|
Mampu
mengelola waktu
|
|||||||||||||
Jumlah
|
||||||||||||||
3.
|
Penilaian
Prestasi Belajar Peserta didik
|
1
|
Mampu
menentukan soal berdasarkan tingkat kesukaran
|
|||||||||||
2
|
Mampu
memilih soal berdasarkan tingkat pembeda
|
|||||||||||||
3
|
Mampu
menindak lanjuti soal yang tidak valid
|
|||||||||||||
4
|
Mampu
memeriksa jawaban
|
|||||||||||||
5
|
Mampu
mengklasifikasikan hasil penilaian
|
|||||||||||||
6
|
Mampu
mengolah hasil penilaian
|
|||||||||||||
7
|
Mampu
menganalisis hasil penilaian
|
|||||||||||||
8
|
Mampu
membuat interpretasi kecenderungan hasil
penilaian
|
|||||||||||||
9
|
Mampu
menentukan korelasi antara soal berdasarkan hasil penilaian
|
|||||||||||||
10
|
Mampu
mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian
|
|||||||||||||
11
|
Mampu
menyimpulkan hasil penilaian secara jelas dan logis
|
|||||||||||||
Jumlah
|
||||||||||||||
4.
|
Pelaksanaan
Tindak Lanjut Pembelajaran
|
1
|
Mampu
mengkondisikan peserta didik belajar secara mandiri
|
|||||||||||
2
|
Mampu
melakukan kesepakatan materi berikutnya
|
|||||||||||||
Jumlah
|
||||||||||||||
Jumlah Skor Keseluruhan
|
||||||||||||||
Nilai Perolehan
|
||||||||||||||
Keterangan:
|
WRINGINAGUNG , ..................
|
|||||||||||||
Nomor
|
Nama Guru
|
Nilai
Perolehan=
|
Kepala Sekolah
|
|||||||||||
1
|
Jumlah
Skor keseluruhan/ skor maksimal x 100=
|
|||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
5
|
ROMADI, S.Pd
|
|||||||||||||
6
|
NIP. 19700226 199503 1 001
|
|||||||||||||
7
|
||||||||||||||
8
|
||||||||||||||
9
|
||||||||||||||
10
|
Lampiran: 5
TABEL INTERPRETASI DATA HASIL SUPERVISI AKADEMIK DAN
REKOMENDASI
|
|||||||||||||||
SDN 01 WRINGINAGUNG
KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN
|
|||||||||||||||
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
|||||||||||||||
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Nilai Rata-rata
|
Sebutan
|
Rekomendasi/ Tindak
Lanjut
|
Keterangan
|
|||||||||
1.
|
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
1
|
Mampu mendeskripsikan kompetensi/tujuan
pembelajaran
|
||||||||||||
2
|
Mampu memilih/menentukan materi
|
||||||||||||||
3
|
Mampu mengorganisir materi
|
||||||||||||||
4
|
Mampu menentukan strategi/metode pembelajaran
|
||||||||||||||
5
|
Mampu menentukan sumber belajar dan media
pembelajaran
|
||||||||||||||
6
|
Mampu menyusun perangkat penilaian
|
||||||||||||||
7
|
Mampu menentukan teknik penilaian
|
||||||||||||||
8
|
Mampu mengalokasikan waktu
|
||||||||||||||
Jumlah
|
|||||||||||||||
2.
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
1
|
Mampu membuka pempelajaran (set induction)
|
||||||||||||
2
|
Mampu mengorganisasi materi pembelajaran
|
||||||||||||||
3
|
Mampu menggunakan metode
|
||||||||||||||
4
|
Mampu memanfaatkan media/alat peraga
|
||||||||||||||
5
|
Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif
|
||||||||||||||
6
|
Mampu memotivasi peserta didik
|
||||||||||||||
7
|
Mampu mengorganisasikan kegiatan
|
||||||||||||||
8
|
Mampu beriteraksi secara komunikatif dengan
peserta didik
|
||||||||||||||
9
|
Mampu membimbing peserta didik membuat kesimpulan
|
||||||||||||||
10
|
Mampu memberikan umpan balik
|
||||||||||||||
11
|
Mampu melaksanakan penilaian
|
||||||||||||||
12
|
Mampu mengelola waktu
|
||||||||||||||
Jumlah
|
|||||||||||||||
3.
|
Penilaian Prestasi Belajar Peserta didik
|
1
|
Mampu menentukan soal berdasarkan tingkat
kesukaran
|
||||||||||||
2
|
Mampu memilih soal berdasarkan tingkat pembeda
|
||||||||||||||
3
|
Mampu menindak lanjuti soal yang tidak valid
|
||||||||||||||
4
|
Mampu memeriksa jawaban
|
||||||||||||||
5
|
Mampu mengklasifikasikan hasil penilaian
|
||||||||||||||
6
|
Mampu mengolah hasil penilaian
|
||||||||||||||
7
|
Mampu menganalisis hasil penilaian
|
||||||||||||||
8
|
Mampu membuat interpretasi kecenderungan
hasil penilaian
|
||||||||||||||
9
|
Mampu menentukan korelasi antara soal berdasarkan
hasil penilaian
|
||||||||||||||
10
|
Mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil
penilaian
|
||||||||||||||
11
|
Mampu menyimpulkan hasil penilaian secara jelas
dan logis
|
||||||||||||||
Jumlah
|
|||||||||||||||
4.
|
Pelaksanaan Tindak Lanjut Pembelajaran
|
1
|
Mampu mengkondisikan peserta didik belajar secara
mandiri
|
||||||||||||
2
|
Mampu melakukan kesepakatan materi berikutnya
|
||||||||||||||
Jumlah
|
|||||||||||||||
Jumlah Nilai Keseluruhan
|
|||||||||||||||
Skor Perolehan
|
WRINGINAGUNG , ..................
Kepala Sekolah
ROMADI, S.Pd
NIP. 19700226 199503 1
001
Kepala Sekolah
ROMADI, S.Pd
NIP. Wringinagung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar